YOUR FUTURE STARTS HERE
Pernah nggak saat kamu akan melamar kerja atau daftar kuliah, di persyaratannya tercantum skor TOEFL minimal 500?
Apakah skor TOEFL 500 termasuk tinggi dan sulit untuk didapat??
Jawabannya adalah TIDAK, jika kamu memahami tips dan cara mengerjakannya.
Berikut ini tips mengerjakan tes TOEFL agar skor kamu maksimal
1. Sangat penting untuk kamu memiliki pengetahuan tentang bahasa Inggris sebelum memulai persiapan TOEFL. Semakin tinggi tingkat penguasaan bahasa Inggris kamu, harapannya semakin tinggi pula skor yang akan kamu dapatkan.
2. Gunakan waktu yang cukup untuk persiapan tes TOEFL Anda.

3. Jangan belajar sehari tepat sebelum kamu ujian, hal ini tidak akan efektif. Kamu perlu belajar secara teratur setiap hari jauh sebelum jadwal tes kamu.

4. Cobalah untuk menyelami bahasa Inggris lebih dalam. Misalnya, menonton TV berbahasa Inggris, film, mendengarkan radio bahasa Inggris, membaca berbagai teks bahasa Inggris. Manfaatnya untuk meningkatkan pemahaman membaca dan mendengarkan. Berbicara dan menulis dalam bahasa Inggris sebanyak yang kamu bisa. Tidak ada salahnya juga jika kamu harus berbicara kepada diri sendiri di depan cermin. Ini adalah cara yang baik untuk meningkatkan kefasihan berbahasa inggrismu.
5. Meningkatkan pembendaharaan kosakata (vocabulary). Kamu akan membutuhkannya pada setiap tahap tes TOEFL.
6. Mengidentifikasi sisi lemahmu sendiri dan bekerja lebih keras untuk memperbaikinya. Sebagai contoh, jika kamu merasa keterampilan terlemahmu adalah menulis, mulailah menulis lebih dari yang kamu lakukan sebelumnya. Cobalah untuk menulis dalam bahasa Inggris.
7. Buatlah manajemen waktu belajar kamu. Coba kurangi waktu untuk tugas-tugas tertentu agar lebih fokus dalam materi TOEFL.
8. Belajarlah untuk mendengarkan dan membaca petunjuk yang diberikan pada masing-masing komponen TOEFL dengan hati-hati.
9. Gunakan catatan dalam setiap perkembangan belajarmu.
10. Tes TOEFL® bisa dikatakan sulit. Di sana terdapat banyak soal yang mengecoh. Selain itu, waktu yang tersedia sangat pendek. Dalam waktu 130 menit harus mengerjakan 140 soal. Untuk ujian listening, peserta ujian harus mengerahkan konsentrasi karena percakapannya sangat cepat, sering tidak jelas, dan hanya diputar satu kali. Pemahaman kamu tentang tata bahasa Inggris akan sangat berperan. Hati-hati dengan tipe soal penjebak. Penulis tes TOEFL® seringkali menggunakan pengecoh (distractor) yang membuat jawaban salah menjadi kelihatan benar. Karena itu, Anda harus berusaha memahami soal beserta pilihan jawabannya dengan cermat. Jangan sampai Anda terjebak oleh pengecoh dalam soal.
11. Kenali tes tersebut sedini mungkin mengenai kemampuan apa saja yang akan diujikan dalam tes TOEFL®. Mempelajari terlalu banyak materi dalam waktu singkat bukanlah teknik efektif dalam menghadapi tes TOEFL®.
12. Topik pembicaraan dalam soal tes TOEFL® biasanya didasarkan pada sejarah Amerika Serikat atau negara lain tempat bahasa Inggris digunakan dan lingkungan sosialnya. Karena itu, orang yang telah memahami tentang sejarah Amerika dan lingkungan di sana akan lebih diuntungkan.
13. Soal-soal TOEFL® tidak akan menggunakan permasalahan-permasalahan kontroversial yang berkaitan dengan soal agama, kematian, perbedaan politik, perselisihan sejarah, kejahatan, dan topik-topik yang berhubungan dengan masalah etnis.
14. Tentukan tujuan-tujuan dan pastikan bahwa kamu telah memiliki target kesuksesan. Dalam tes TOEFL®, masing-masing kemampuan anggaplah memiliki porsi yang sama. Pelajari masing-masing kemampuan tersebut dengan hati-hati dan luangkan waktu lebih untuk mempelajari kemampuan yang kamu anggap sulit atau tidak kamu kuasai dengan baik.
15. Perhatikan baik-baik prosedur pelaksanaan tes. Pastikan kamu cukup memahami apa yang harus dilakukan setiap bagian (section), seberapa panjang dan spesifik tipe-tipe pertanyaan yang disajikan. Ada banyak sumber tersedia yang dapat membantu kamu berlatih.
16. Belajarlah secara berpasangan atau tim sehingga dimungkinkan kamu mendapat ide-ide segar yang belum Anda ketahui dari mereka.
17. Yang paling utama adalah Praktek dan Latihan
Follow us at: