YOUR FUTURE STARTS HERE
TOEFL adalah kepanjangan dari Test Of English as a Foreign Language (Test Bahasa Inggris sebagai bahasa asing), yang dibuat oleh ETS (Educational Testing Service), sebuah lembaga di Amerika Serikat.
Tes TOEFL ini diperlukan untuk persyaratan masuk kuliah pada hampir semua universitas di Amerika Serikat dan Kanada yang kemudian juga bagi mahasiswa yang mendaftar ke universitas Eropa dan Australia. Tes ini program undergraduate (S-1) maupun graduate (S-2 atau S-3). Tes TOEFL lebih berorientasi kepada American English bukan British English.
Apa bedanya TOEFL PBT, CBT dan IBT
TOEFLtelah mengalami 3 evolusi pergantian format sejak pertama kali diperkenalkan pada masyarakat di tahun 1964. Selain perubahan secara format.
• Tahun 1964 – 1998 TOEFL Paper Based Test (PBT)
PBT ini adalah jenis tes yang paling umum, layaknya tes dan ujian kebanyakan. Tes dikerjakan dengan media kertas yang berisi soal dan lembar jawaban. Bentuk soalnya sendiri berupa pilihan ganda dengan materi yang diuji terdiri dari listeningreading, dan structure.
Durasi pengerjaan PBT ini kurang lebih 2 jam. Rentang skor tes TOEFL jenis ini antara 310-667.  Saat ini, PBT-TOEFL sudah tidak diberlakukan lagi di lingkup internasional, kecuali beberapa negara saja. Namun saat ini jenis PBT masih digunakan dalam jenis tes ITP (Institutional Testing Program) dan masih diterima di beberapa instansi dan perguruan tinggi.
 
• Tahun 1998 – 2005 TOEFL Computer Based Test (CBT) 
CBT adalah ujian TOEFL yang dikerjakan menggunakan komputer. Peserta ujian mengerjakan soal-soal berupa reading, structure, listening, dan writing melalui software interaktif yang sudah terinstal di komputer. Ada batas waktu dalam pengerjaan soal secara otomatis sehingga tidak bisa diakses bila melewati waktu yang ditentukan.
Jenis tes ini harus dikerjakan dengan cermat karena kita tidak bisa mengubah atau kembali mengerjakan soal yang terlewat. Penilaian atau skor tes TOEFL jenis ini rentangnya antara 30-300. Saat ini tidak ada lagi lembaga yang menyelenggarkan CBT.
• Tahun 2005 – Sekarang TOEFL Internet Based Test (IBT)
IBT adalah ujian yang dilakukan dengan media komputer dan internet. Tes jenis ini yang digunakan untuk standar secara internasional dan diterima di lebih dari 11.000 universitas dan insitusi di lebih dari 150 negara di dunia. Materi yang dujikan terdiri dari Reading, Structure, Listening, dan Writing dengan rentang score 0-120. 
Jenis tes ini hanya bisa diselenggarkan di beberapa lokasi saja di Indonesia sehingga hanya bagi yang membutuhkan sertifikasi internasinal saja yang melakukan tes ini, banyak orang lebih memilih ITP karena masih banyak universitas dan lembaga swasta di seluruh dunia menggunakan TOEFL (ITP). Indonesia termasuk ke dalam salah satu negara yang menggunakan TOEFL ITP.
 
Apa bedanya TOEFL ITP , TOEFL Prediction dan TOEP
TOEFL ITP
ITP (Institutional Testing Program) adalah paper-based test TOEFL  yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi atau lembaga bahasa yang bekerjasama dengan IIEF (salah satu intitusi pemegang lisensi ETS di wilayah Indonesia). Soal yang diujikan dalam ITP ini  tetap mengikuti standar internasional namun hasil scorenya tidak diakui secara internasional. Sertifikat TOEFL jenis ini hanya bisa berlaku di dalam negeri atau di beberapa negara Asia.
TOEFL Prediction
TOEFL Prediction adalah merupakan jenis tes English Proficiency yang diselenggarakan oleh Lembaga Pendidikan Bahasa Inggris yang terdaftar di Dinas Pendidikan namun tidak bekerjasama dengan IIEF (penyelenggara ITP). Sesuai dengan namanya, TOEFL Prediction ini dapat berfungsi sebagai alat ukur untukmemperkirakan skor tes TOEFL sebelum menempuh tes TOEFL baik iBT maupun ITP. Format soal yang disajikan dalam TOEFL Prediction sama dengan TOEFL ITP.
TOEP
TOEP (Test of English Proficiency) adalah tes kemahiran berbahasa Inggris, yang diselenggarakan secara online oleh Pusat Layanan Tes Indonesia (PLTI). Penanggung jawab TOEP adalah TEFLIN, yang dalam pelaksanaannya bekerja sama dengan Pusat Layanan Tes (PLT) yang ada di perguruan tinggi. Berbeda dengan TOEFL ITP dan Prediction, TOEP terdiri atas 50 soal untuk Listening dan 50 soal untuk Reading. Mulai tahun 2013 TOEP disajikan secara online tanpa mengubah substansi tes.
 
 Sertifikat TOEFL ITP, TOEFL Prediction dan TOEP dipakai untuk apa saja ?
 Sertifikat TOEFL ITP
• Bagian dari program pendidikan, pelatihan, dan pengembangan karir dari lembaga pemerintah seperti Departemen Pendidikan Luar Negeri dan Pusat Pelatihan, BAPPENAS, BKPM, Departemen Perdagangan serta Bank Indonesia.
 • Persyaratan masuk atau kelulusan di jenjang insitusi pendidikan S1,S2 atau S3 di Idonesia.
 • Persyaratan untuk daftar program beasiswa seperti Fulbright Foreign Program, Ford Foundation International Fellowship Program, PRESTASI, Australian Development Scholarships, StuNed, DAAD (German Academic Exchange Service), dan program beasiswa dari lembaga pemerintah seperti SPIRIT—BAPPENAS dan Kementerian Komunikasi dan Informasi.
 
Sertifikat TOEFL Prediction 
  • CPNS, tahun 2019 yang menerima TOEFL prediction adalah Kejaksaan, ANRI, BKN, Kominfo, Kemenlu, Kemen PPPA, Kemen PUPR, Kemen ESDM, Kemenperin, BSSN 
  • Persyaratan Yudisium
  • Melamar kerja di instansi pemerintah atau swasta
  • Seleksi masuk perguruan tinggi jenjang S1 dan S2
  • Syarat khusus untuk formasi pasukan SWAT (FPU 3 Minusca) POLRI
TOEFL Preparation untuk apa?
TOEFL Preparation ini berguna bagi Anda dalam menyiapkan diri sebelum menghadapi ujian agar target score yang anda inginkan dapat tercapai. Setiap intitusi atau lembaga  memiliki persyaratan standar score yang berbeda, oleh karena itu bila anda menyiapkan diri dengan baik maka akan memperbesar peluang anda dalam meraih masa depan Anda. 
English Center menyediakan kursus PRIVAT untuk persiapan TOEFL. Anda dapat memilih jenis kursusnya berdasarkan kemampuan dan pengalaman anda. Kami telah melayani TOEFL Preparation sejak tahun 2003 dan menerbitkan lebih dari 3000 sertifikat TOEFL Prediction.
Apa saja yang diujikan di TOEFL?
/Materi yang diujikan dalam TOEFL PBT_.png
 
/Konversi-TOEFL PBT-IBT.png
Follow us at: